Manajemen Pemasaran : Pengertian, Konsep, Tujuan & Fungsinya

2 min read

Manajemen Pemasaran : Pengertian, Konsep, Tujuan & Fungsinya

Manajemen Pemasaran : Pengertian, Konsep, Tujuan & Fungsinya – Apakah anda tau mengenai konsep menejemen pemasaran ? Pada kesempatan ini Nuansaku akan membahas tentang menejemen pemasaran yang akan dibahas secara lengkap. Mari simak pembahasan berikut ini.

Manajemen Pemasaran : Pengertian, Konsep, Tujuan & Fungsinya

Mari kita bahas tentang pengertiannya terlebih dahulu.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran yaitu proses yang digunakan oleh suatu perusahaan atau orang yang melakukan usaha dalam mengenalkan produk atau usaha yang akan di pasarkan, dan untuk mempertahankan suatu kelangsungan kegiatan perusahaan tersebut dan untuk mendapatkan suatu keuntungan atau laba.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan dari para ahli:

1. Suparyanto dan Rosad

Ia menyatakan bahwa manajemen pemasaran yakni suatu Peroses dalam menganalisis, perencanaan, pengatran, serta pengelolaan program tentang pengonsepan, penetapan harga, promosi serta distribusi produk maupun jasa yang dirancang supaya penciptaan dan pemeliharaan pertukaran menguntungkan dengan pasar yang menjadi sasaran agar dapat menjadi tujuan perusahaan.

Baca Juga:  Tari Tradisional : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis dan Contoh

2. Kotler dan Keller

Menurut Kotler dan Keller bahwa manajemen pemasaran yakni suatu Proses yang dilakukan dalam menganalisa, perancanaan, pengkoordinasian program yang menguntungkan. Stak hanya manajemen pemasaran juga bisa diartikan sebagai ilmu yang memilih pangsa pasar yang bisa menciptakan nilai pelanggan yang tinggi.

3. Dharmmesta dan Handoko

Menurut Dharmmesta dan Handoko yaitu suatu Kegiatan yang dilakukan perusahaan yang bertujaun untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Proses ini dimulai sebelum produksi dan berakhir saat penjualan.

4. John W. Mullins

Menurut John W. Mullins yaitu suuatu proses penganalisisan, penerapan, pegkoordinasian, serta pengendalian program yang mana melibatkan konsep, menetapkan harga, promosi, serta distribusi produk yang telah dirancang untuk penciptaan serta pemeliharaan pertukaran yang menguntungkan pasar supaya tujuan dari perusahaan dapat tercapai.

5. Lupiyo Adi

Menurut Lupiyo Adi yaitu prose analisis, perencana, pelaksanaan dan juga kontrol terhadap program-program yang sudah direncanakan dalam hubungannya dengan pertukaran-pertukaran yang diinginkan terhadap konsumen yang dituju agar mendapatkan keuntungan pribadi ataupun keuntungan bersama.

6. Winardi

Menurut winardi yaitu proses pengambilan suatu keputusan, perencanaan, serta pengawasan aspek-aspek pemasaran dalam sesuatu perusahaan yang berhubungan dengan konsep pemasaran, dalam sistem pemasaran.

Tujuan Manajemen Pemasaran

  • Agar bisa mendapatkan pelanggan atau konsumen
  • Agar dapat memperkenalkan produk atau usaha yang sedang dijalankan
  • Supaya mendapatkan keuntungan atau laba
  • Agar dapat bersaing dengan perusahaan lain
  • Untuk meningkatkan pelanggan atau konsumen
Baca Juga:  Inilah 6 Bisnis Trend 2021 yang Menggemparkan

Fungsi Manajemen Pemasaran

  • Untuk melakukan riset konsumen
  • Untuk mengembangkan produk
  • Untuk melakukan distribusi
  • Untuk menetapkan harga
  • Untuk pemeberian service terhadap pelanggan

Manajemen Pemasaran : Pengertian, Konsep, Tujuan & Fungsinya

Konsep Manajemen Pemasaran

Konsep manajemen pemasaran dapat diartikan sebagai falsafah bisnis yang mana pemuasan kebutuhan konsumen terseut merupakan syarat ekonomi dan sosial berguna untuk kelangsungan pertahanan perusahaan. Yang bertujuan untuk memberi kepuasan terhadap apa yang diinginkan konsumen (Stanton, 1978).

Maka dari setiap kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan diarahkan diarahkan untuk tujuan tersebut. Terdapat 3 elemen penting yang termasuk dalam konsepnya yaitu:

1. Orientasi Pada Konsumen (Market Oriented)

Konsep pemasaran yang paling baik yaitu menjadikan konsumen sebagai prioritas utama. Maka dari itu mengapa dalam strategi marketing selalu mengedepankan konsumen.

Dalam pemasaran pada umumnya konsumen dianggap sebgai raja, sedangkan produsen merupakan pelayan yang memberikan kebutuhan raja. Pelayanan dari produsen yang dilakukan dengan memberikan berbagai penawaran yang sangat menarik, mulai dari produk terbaik sampai cara pelayanan terhadap konsumen.

2. Perencanaan Kegiatan Pemasaran

Pengaturan secara dinamis sebagai bentuk penyusunan berbagai kegiatan pemasaran secara menyeluruh. Semua aktivitas dalam pemasaran, mulai dari strategi, serta implementasi, analisis, pengawasan, dan juga kegiatan yang terkait dengan pemasaran perlu disusun secara terperinci.

Maka proses analisis serta pengawasan terhadap hasil pemasaran bisa dilakukan dengan baik. Pada akhirnya hal ini akan memudahkan dalam melakukan evaluasi serta tindakan dalam perbaikan terhadap kegiatan pemasaran.

Baca Juga:  6 Pilihan Bisnis Online yang Menjanjikan

3. Kepuasan Konsumen

Unsur terpenting dalam pemasaran yakni kepuasan terhadap konsumen. Kepuasan konsumen ini tak hanya diukur dari dalam kualitas produk saja, namun juga bisa dari bagaimana strategi dalam pemasaran yang dilakukan.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Manajemen Pemasaran : Pengertian, Konsep, Tujuan & Fungsinya semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda di bidang menejemen, Terima kasih.