13 Pengertian Mediasi Menurut Para Ahli Terlengkap

1 min read

13 Pengertian Mediasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Mediasi Menurut Para Ahli Terlengkap – Apakah kalian pernah mendengar istilah mediasi ? Kali ini Nuansaku akan menjelaskan mengenai apa itu mediasi yang kan dibahas oleh para ahlinya. Simak penjelasan berikut.

Pengertian Mediasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Berikut adalah pengertian mediasi yang digagas oleh para ahlinya.

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Dikutip dari KBBI bahwa pengertian mediasi merupakan sebagai dari proses pengikutsertaan pihak ketiga dalam penyelesaian suatu perselisihan sebagai penasihat.

2. Emerson

Beliau berpandapat bahwa Mediasi yaitu suatu intervensi terhadap suatu sengketa maupun negosiasi oleh pihak ketiga yang bisa diterima,tidak berpihak dan netral yang tidak memiliki kewenangan dalam mengambil keputusan untuk membantu para pihak yang berselisih dalam upaya untuk mencapai kesepakatan secara sukarela dalam penyelesaian permasalahan yang disengketakan.

3. Umam

Disini ia menjalaskan bahwa mediasi yaitu proses negosiasi untuk memecahankan masalah, yang mana para pihak yang tidak memihak bekerja sama dengan pihak yang bersengketa yang berguna umtuk mencari kesepakatan bersama.

Baca Juga:  Metamorfosis Katak : Pengertian, Ciri, & Prosesnya

4. Black’s Law Dictionary

Yang menyatakan bahwa mediasi yaitu suatu proses penyelesaian perselisihan informal yang sifatnya pribadi yang mana orang ketiga yang netral, mediator, membantu, pihak yang berselisih agar dapat mencapai kesepakatan.

5. Folberg & Taylor

Mereka berpendapat bahwa mediasi yaitu segala proses yang mana para pihak dengan bantuan seseorang atau beberapa orang, secara sistematis dalam menyelesaikan permasalahan yang disengketakan guna mencari alternatif serta mencapai penyelesaian yang bisa mengakomodasi kebutuhan mereka.

6. Wikipedia

Dikutip dari wikipedia mediasi merupakan suatu upaya dalam menyelesaikan konflik yang melibatkan pihak ketiga yang netral, yang tidak mempunyai kewenangan dalam mengambil keputusan yang membantu pihak-pihak yang bersengketa mencapai penyelesaian (solusi) yang diterima oleh kedua belah pihak.

7. Mahkamah Agung No.2 Tahun 2003

Mediasi yaitu suatu penyelesaian sengketa melalui proses perundingan oleh para pihak dengan bantuan oleh mediator.

8. Kovach

Dia menjelaskan bahwa mediasi merupaka sebuah negosiasi dalam proses yang mana pihak ketiga ini netral, mediator, serta membantu pihak yang berselisih untuk mencapai solusi yang saling memuaskan.

9. Laurence Bolle

Ia berpendapat bahwa mediasi merupakan salah satu proses dalam pengambilan keputusan sebagai mana para pihak dibantu oleh meediator; mediator berupaya utnuk memperbaiki proses pengambilan keputusan serta dalam membantu para pihak untuk mencapai hasil yang dapat disetujui oleh mereka.

Baca Juga:  Pengertian Efisiensi : Tujuan, Manfaat, Unsur, dan Jenisnya

10. Chirstopher W. Moore

Beliau berpendapat bahwa mediasi yaitu sebuah intervensi dalam sebuah sengketa atau negosiasi oleh pihak ketiga yang bisa diterima oleh pihak yang bersengketa, bukan karena bagian dari kedua belah pihak dan bersifat netral.

13 Pengertian Mediasi Menurut Para Ahli Terlengkap

12. Kamus Hukum Ekonomi ELIPS

Dikutip dari Kamus Hukum Ekonomi ELIPS Mediasi yaitu salah satu dari beberapa pilihan yang bentuk penyelesaian sengketa yang berada di luar pengadilan dengan mengunakan jasa seorang mediator ataupun penengah sama misalnya konsiliasi.

13. Collins English Dictionary and Thesaurus

Mereka berpendapat bahwa mediasi yaitu suatu kegiatan untuk menjembatani antara dua pihak yang bersengketa untuk menghasilkan kesepatakan (aggrement).

Itulah penjelasan mengenai 13 Pengertian Mediasi Menurut Para Ahli Terlengkap dari kami, semoga bermanfaat dan bisa menambawawasan para pembaca sekalian. Terima kasih.