Pengertian Perusahaan Jasa dan 5 Jenis Perusahaan Jasa

5 min read

Pengertian Perusahaan Jasa

Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik dan Jenis-jenisnya – Pada era saat ini tentu sudah tidak asing lagi dengan adanya perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam upaya pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya. Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak dalam bidangnya masing-masing. Ada yang bergerak dalam perdagangan barang dan ada juga yang bergerak dalam pelayanan jasa. Rata-rata masyarakat awam pada umumnya masih belum memahami tentang perbedaan yang ada dalam perusahaan, mereka belum paham apa itu perusahaan dagang dan perusahaan jasa, oleh sebab itu pembahasan tentang pengertian perusahaan jasa sangat dibutuhkan, karena dengan memahami pengertian perusahaan jasa mereka akau tahu tentang perusahaan jasa secara keseluruhan. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang pengertian perusahaan jasa, karakteristik perusahaan jasa dan jenis-jenis perusahaan jasa.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dibutuhkannya pelayanan jasa di masyarakat membuat banyak orang berfikir keras guna menciptakan perusahaan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan jasa pada masyarakat. Oleh karena itu uraian tentang pengertian perusahaan jasa sangat dibutuhkan.

Berikut ini akan dipaparkan dengan jelas tentang pengertian perusahaan jasa, karakteristik perusahaan jasa dan jenis-jenis perusahaan jasa

Pengertian Perusahaan Jasa

Christian Gronross mendefinisikan bahwa Perusahaan jasa adalah segala sesuatu kegiatan yang ada didalamnya terdiri dari serangkaian aktivitas intangible yang terjadi antara penyedia jasa dan pelanggan dalam mengatasi keperluannya.

Definisi perusahaan jasa secara umum adalah perusahaan yang menyediakan pelayanan jasa kepada pelanggan atau konsumen dengan tujuan untuk memperoleh suatu keuntungan atau laba.

Namun pengertian perusahaan jasa juga dapat diartikan sebagai suatu perusahaan yang menyediakan dan  menjual jasa dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dari pelanggan atau konsumen untuk memperoleh keuntungan.

jika memahami tentang pengertian perusahaan jasa, Banyak sekali perusahaan jasa yang terlihat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya seperti perusahaan jasa yang sedang populer saat ini adalah perusahaan penyedia jasa transportasi umum berupa kendaraan motor. Dengan adanya perusahaan ini sangat memudahkan masyarakat untuk melakukan perjalanan dari suatu tempat ke tempat tujuan yang lain.

Dengan bermodalkan aplikasi online perusahaan tersebut, pembeli dapat memanfaatkan jasa angkutan transportasi. Pada saat terjadi transaksi, pembeli melakukan pembayaran atas jasa transportasi yang telah dipergunakan. Pada hal ini tidak terjadi pembayaran atas kendaraan yang digunakan dan tidak terjadi perpindahan kepemilikan kendaraan kepada pembeli jasa melainkan pembayaran yang dilakukan adalah pembayaran pelayanan jasanya.

Baca Juga:  Pengertian Aliansi : Prisip, Proses, Jenis dan Contohnya

Sama seperti perusahaan dagang dan manufaktur, perusahaan jasa juga menjalankan aktivitas ekonomi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam pasar. Jika perusahaan mampu menyediakan jasa yang baik dan sesuai dengan kebutuhan konsumen, maka akan dapat dipastikan banyak pembeli yang memilih menggunakan jasa dari perusahaan tersebut. oleh karena itu Pengertian perusahaan jasa harus dapat dipahami dengan baik.

Dengan adanya transaksi antara penyedia jasa dan pembeli, maka perusahaan akan memperoleh pendapatan beserta keuntungan. Dengan demikian, hal ini akan menjadi dasar perusahaan jasa untuk memperbanyak transaksi di perusahaannya.

Baca juga: Lingkungan Bisnis, Tujuan Bisnis, Fungsi Operasi dan Unsur Lingkungan Bisnis

Karakteristik Perusahaan Jasa

Setiap perusahaan pasti memiliki karakteristik yang berbeda, hal ini tentu akan menjadi pembeda antar perusahaan. pemaparan berikut akan membahas tentang karakeristik perusahaan jasa. Beberapa ciri-ciri perusahaan jasa atau karakteristik perusahaan jasa antara lain:

Kegiatan Utamanya Menyediakan dan Menjual Jasa

Sebuah perusahaan jasa tidak membuat produk nyata di dalam perusahaannya, akan tetapi perusahaan jasa akan menawarkan sebuah bentuk pelayanan yang bermanfaat dan dibutukan oleh para konsumen.

Tidak Menyediakan Produk dalam Bentuk Fisik atau Nyata

Perusahaan jasa tidak menjual sebuah produk dalam bentuk fisik ataupun nyata. Namun walaupun perusahaan jasa tidak memiliki produk yang dapat dilihat dan diraba, tetapi manfaatnya dapat dirasa jelas oleh konsumen.

Hasil Produk Jasa Selalu Berbeda

Jika Anda menjual produk atau barang, maka barang yang dijual di antara konsumen akan memiliki kesamaan bentuk dan hasil yang sama.

Hal ini berbeda pada entitas bisnis jasa yang menghasilkan layanan yang akan diterima oleh konsumen dalam rasa yang berbeda. Misalnya dalam hal kualitas pelayanan atau kemampuan penyedia layanan.

Tanpa Harga Pokok Produksi

Dalam sebuah perusahaan jasa memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis perusahaan dagang dan manufaktur, karakteristik dalam perusahaan jasa tidak akan ada yang namanya harga pokok produksi dan penjualan.

Pada proses usahanya, Perusahaan jasa tidak memproduksi barang, oleh karena itu perusahaan jasa tidak membutuhkan bahan baku untuk produksi. Sehingga pada saat  pelaporan keuangannya, perusahaan jasa tidak memberikan informasi tentang harga pokok produksi dan penjualan.

Tidak Menggunakan Standar Harga yang Umum

Kebutuhan pelanggan biasanya selalu berbeda-beda dari waktu- kewaktu tergantung kebutuhan atau keinginannya. Dengan begitu harga jasa yang ditawarkan tidak bisa dipatok harga secara umum namun harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Jenis-jenis Transaksi Perusahaan Jasa

Jenis-jenis transaksi perusahaan jasa meliputi hal-hal sebagai berikut:

Pembelian (peralatan dan perlengkapan)

Dalam suatu perusahaan jasa, komponen-komponen pendukung seperti perlengkapan dan peralatan kerja sangat dibutuhkan dalam melakukan aktivitas perusahaan. Misalnya suatu perusahaan penyedia jasa pencucian pakaian, maka perusahaan ini memerlukan mesin cuci sebagai peralatannya, sabun dan pewangi sebagai perlengkapannya.

Pendapatan Jasa

Setiap perusahaan pasti menginginkan pendapatan dan keuntungan dengan maksimal. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan akan berusaha menyediakan jasa dan pelayanan yang terbaik bagi konsumennya. Pendapatan itulah yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan.

Baca Juga:  Pengertian Cerpen Beserta Dengan Ciri-cirinya

Dengan demikian, perusahaan jasa akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan bisa memuaskan para konsumenya sehingga perusahaan dapat beroperasi dengan baik secara berkelanjutan.

Pembayaran Beban

Ketika Anda akan memulai suatu usaha, tentu saja tidak hanya diperlukan perlengkapan maupun peralatan yang memadai, namun diperlukan juga komponen penting yang mendukung seperti listrik, telepon, dan internet dlam mengoperasikan perusahaan.

Sudah dapat dipastikan bahwa dalam perusahaan penyedia jasa pencucian pakaian, tentunya  dalam mengoperasikan mesin cuci harus ada aliran listrik.

Selain arus listrik, perusahaan juga pasti membutuhkan telepon sebagai sarana dan media komunikasi dengan para pelanggan. Internet juga diperlukan untuk mempermudah promosi dan komunikasi dengan konsumen.

Selain itu juga, ada beban yang wajib dibayarkan, yaitu pembayaran gaji tenaga kerja. Pembayaran gaji tenaga kerja, akan sama seperti ketiga komponen yang sudah dibahas sebelumnya, wajib dilakukan setiap bulan. Mungkin bisa anda bayangkan bagaimana jika ada beban wajib yang tidak dibayar?. Tentu saja hal ini akan sangat mengganggu aktivitas perusahaan yang pada akhirnya akan berimbas pada kualitas pelayanan yang diberikan kepada para konsumen.

Penerimaan Piutang Usaha

Penjualan jasa yang dilakukan oleh perusahaan menimbulkan pemasukan tidak hanya pada saat konsumen membayar membayar secara lagsung, tetapi ada juga pemasukan yang diterima kemudian (piutang). Dengan hal ini, maka konsumen akan membayar dalam kurun waktu yang sudah disepakati.

Piutang usaha dapat dijumpai pada perusahaan yang memberikan pelayanan jasa pada konsumen yang berlangganan. Sebagai contoh, pelayanan jasa yang disediakan oleh Bank adalah dengan memberikan kemudahan penggunaan kartu kredit.

Investasi

Ketika mendirikan perusahaan jasa, hal-hal yang sangat penting yang harus dipersiapkan pada saat akan membuka perusahaan jasa adalah modal. Modal dapat diperoleh dari investasi yang ditanamkan oleh investor. Besar kecilnya nilai investasi akan sangat berhubungan erat dengan skala usaha yang akan dibuka.

Jika usaha yang akan dibuka dalam skala besar dan luas, maka membutuhkan nilai investasi dalam jumlah yang besar. Dan jika usaha yang akan dibuka dalam skala kecil dan sempit, maka nilai investasi yang diperlukan juga kecil dapat dibuat minimal.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa investasi yang diperlukan oleh perusahaan akan berjumlah banyak dan harus dipastikan bahwa dilakukan pencatatan atau pembukuan investasi dengan benar serta akurat karena berkaitan dengan hasil yang menjadi hak investor-investor pada perusahaan jasa tersebut.

Baca juga: Inti Masalah Ekonomi, Masalah Ekonomi Klasik dan Masalah Ekonomi Modern

5 Jenis Perusahaan Jasa

Semakin banyaknya kebutuhan masyarakat dalam kaitannya dengan  perusahaan jasa, membuat keberagaman jenis perusahaan jasa semakin meningkat pesat guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Jumlah permintaan jasa pun tak hanya dari kalangan atas, tetapi dari berbagai kalangan masyarakat. Berikut ini adalah contoh jenis-jenis perusahaan jasa yang meliputi:

Baca Juga:  Etika Profesi Akuntan dan 2 Tujuan Laporan Keuangan

Perusahaan Jasa dalam bidang Transportasi

Perusahaan jasa transportasi ini merupakan perusahaan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat luas. Karena rutinitas dan kegiatan manusia yang mengharuskannya selalu berpindah tempat, dalam hal ini tentu saja sangat membutuhkan sarana transportasi. Alat transportasi yang disediakan pun dapat berupa dari transportasi darat, laut dan udara.

Perusahaan Jasa dalam bidang Medis dan Kesehatan

Perusahaan jasa dalam bidang Kesehatan adalah pengertian perusahaan jasa yang sifatnya memberikan dan menawarkan pelayanan jasa kesehatan. Pelayanan yang diberikan berupa pelayanan pengobatan, penyediaan fasilitas, obat-obatan dan lain sebagainya.

Untuk memberikan pelayanan pengobatan yang menggunakan skill biasanya dilakukan oleh seseorang dengan profesi dokter, perawat, bidan, ditambah dengan beberapa profesi lain dan tergabung dalam sebuah instansi yang dinamakan rumah sakit.

Jenis-jenis perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan jasa kesehatan di Indonesia antara lain adalah rumah sakit, laboratorium kesehatan, dan badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS).

Perusahaan Jasa dalam bidang Pegadaian

Pegadaian merupakan suatu pengertian perusahaan jasa yang bergerak di bidang jasa keuangan, Pegadaian cukup diminati oleh masyarakat karena akan dapat membantu masalah ekonomi masyarakat, mulai dari kalangan masyarakat atas sampai dengan kalangan lainnya.

Dalam pelayanan suatu pengadaian, selain memberikan pelayanan tentang pembiayaan dan emas, pegadaian juga memberikan pelayanan jasa. Jasa perusahaan yang ditawarkan adalah jasa pembayaran tagihan seperti air, listrik, internet, televisi dan bisa juga yang lainnya.

Perusahaan Jasa dalam bidang Design

Perusahaan jasa Design adalah pengertian perusahaan jasa yang bergerak dalam pelayanan jasa yang mengandalkan kemampuan untuk merancang sesuatu. Jenis perusahaan ini bisa berhubungan dengan fashion, rumah tinggal, barang dan lain-lain.

Orang yang bekerja dan ahli pada bidang design biasanya disebut dengan designer. Perusahaan Jasa design ada yang dimiliki perseorangan dan ada juga yang dibangun secara berkelompok. Beberapa jenis jasa design sesuai dengan skill nya meliputi fashion design, interior design dan exterior design.

Perusahaan Jasa dalam bidang Pendidikan

Perusahaan Jasa Pendidikan adalah pengertian perusahaan jasa yang bergerak dala bidang pelayanan pendidikan. Selain belajar formal di Instansi resmi yang dimiliki pemerintah, belajar juga dapat dilakukan dimana saja. Belajar tidak selalu masalah pelajaran ilmiah. Tetapi juga bisa mencakup pembelajaran tentang penguasaan kemampuan.

Pada Era Saat ini, pengertian perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan pendidikan sudah sangat banyak. Tujuannya adalah untuk mempermudah pelayanan pembelajaran dan meningkatkan minat bakat yang dimiliki oleh masyarakat. Beberapa jenis perusahaan jasa yang memberikan pelayanan dalam bidang pendidikan adalah bimbingan belajar dan tempat kursus.

Demikian pemaparan admin tentang pengertian perusahaan jasa, karakteristik perusahaan jasa dan jenis-jenis perusahaan jasa, semoga dapat membantu dalam memahami pentingnya pengetahuan tentang pengertian perusahaan jasa.

Baca juga: Motivasi dalam Do’a