Regulasi Bisnis : Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya

1 min read

Regulasi Bisnis : Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya

Regulasi Bisnis : Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya – Pada kesempatan yang bahagia ini Nuansaku.id akan menjelaskan mengenai apa itu regulasi bisnis yang meliputi atas tujuan dan fungsinya. Untuk lebih lanjutnya mari simak ulasan berikut ini.

Regulasi Bisnis : Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya

Mari kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian regulasi bisnis.

Pengertian Regulasi Bisnis

Jadi Regulasi yaitu suatu peraturan yang dibuat agar membantu untuk mengendalikan suatu kelompok, lembaga atau organisasi, serta masyarakat supaya mencapai tujuan tertentu dalam kehidupan bersama, bermasyarakat, serta bersosialisasi.

Tujuan Regulasi Bisnis

  • Untuk mengendalikan manusia atau masyarakat dalam batasan-batasan tertentu.
  • Untuk keperluan masyarakat umum, lembaga masyarakat atau dalam bisnis.

Fungsi Regulasi Bisnis

  • Untuk menggambarkan berbagai peraturan yang berlaku yang terdapat dalam kehidupan yang bermasyarakat.
  • Untuk menertibkan perilaku dari para pengusaha dan juga para konsumen dalam batasan-batasan tertentu.
  • Untuk mengikat serta mengendalikan perilaku masyarakat dalam ruang lingkup bisnis.

Jenis – Jenis Regulasi Bisnis

1. Regulasi Bisnis di Bidang Merek

Merek dalam sebuah bisnis yaitu sebagai penanda untuk mempermudah dalam mengingatnya.

Dalam merek juga terdappat unsur huruf, angka, gambar, dan warna. Merek juga diguanakan sebagai pembeda antara suatu bisnis dengan bisnis lainnya.

Baca Juga:  Pengertian Magnet : Jenis, Fungsi, Sifat & Bentuknya

Landasan Hukum Bidang Merk

  • UUD NO. 15 Tahun 2001 Tentang Merek
  • UUD NO.23 TH 1993 Tentang Cara Permintaan Pendaftaran Merek
  • PP NO.7 TAHUN 2005 Tentang Komisi Banding Merek
  • PP NO.24 TH 1993 Tentang Kelas Jasa dan Barang
  • PP NO.51 TH 2007 Tentang Indikasi Geografis

Ruang Lingkup Merek

  • Merek Dagang : Sebagai penanda dalam sebuah bisnis yang menjual barang, baik itu secara perorangan atau kelompok atau dengan badan hukum untuk membedakan suatu bisnis dengan yang lainnya.
  • Merek Jasa : Merek yang digunakan oleh suatu perusahaan jasa, baik dari perorangan maupun kelompok sebagai pembeda antara suatu jasa dengan jasa yang lain.

Sistem Perlindungan Merek

Merek dilindungi secara konstitusi, yang merupakan hak atas merek diberikan kepada pendaftar pertama (first to file).

Fungsi Pendaftaran Merek

  • Sebagai suatu bukti kepemilikan merek
  • Sebagai dasar agar dapat menolak permohonan dari merek orang lain
  • Sebagai dasar dalam mencegah terjadinya penggunaan merek yang sama

2. Regulasi Bisnis Perlindungan Konsumen

Regulasi ini tercantum pada UU No. 8 Tahun 1993 mengenai perlindungan konsumen.

Perlindungan Konsumen

  • Perlindungan Preventif : perlindungan konsumen ketika sedang membeli atau menggunakan barang atau jasa.
  • Perlindungan Kuratif : semua perlindungan terhadap konsumen sebagai akibat dari penggunaan barang maupun  jasa tertentu.

Asas Perlindungan Konsumen

  • Asas keadilan
  • Asas manfaat
  • Asas keamanan dan keselamatan konsumen
  • Asas keseimbangan
  • Asas kepastian hukum
Baca Juga:  Contoh Jurnal Umum Terbaru | Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Regulasi Bisnis : Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya

3. Regulasi Larangan Praktik Monopoli Bisnis

Praktik monopili bisnis yaitu segala kegiatan dalam pemusatan kekuatan ekonomi yang dilakukan oleh pelaku bisnis sehingga dapat menguasai produksi serta pemasaran barang maupun jasa tertentu.

Sehingga dengan demikian akan menimbulkan persaingan bisnis yang tidak sehat serta akan merugikan kepentingan masyarakat secara umum.

Hal yang Dilarang dalam Regulasi

  • Pengusaha tidak diperbolehkan untuk memonopoli produksi serta pemasaran suatu barang ataupun jasa
  • Pengusaha bisa dinyatakan melakukan praktik monopoli apabila barang atau jasa yang dijual tidak mempunyai substitusi atau bisa memberikan dampak buruk bagi pengusaha lain sebab tidak bisa bersaing.
  • Pelaku usaha, baitu itu perorangan atau organisasi maksimal hanya boleh menguasai 50 % pangsa pasar untuk satu jenis barang maupun jasa yang dijual-beli.

Tujuan Dilarang Praktik Monopoli Bisnis

  • Agar bisa menjaga kepentingan untuk masyarakat umum, serta meningkatkan efisiensi ekonomi nasional
  • Agar dapat menciptakan iklim usaha yang kondusif dengan membuat aturan dalam persaingan bisnis yang sehat
  • Agar bisa menciptakan suatu efektivitas serta efisiensi dalam menjalankan sebuah usaha.

Itulah penjelasan mengenai Regulasi Bisnis : Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya dari kami, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel ini.